-->

Apa yang anda cari ?

konten dari Hukum, Kuliah, Berita, Tips, Blogger, Musik, 48 Family dan lainnya
Ternyata, Sukses diawali dengan Huruf "S"

Enaknya Dodol Garut, Makanan Khas Kabupaten Garut



Kurang populernya makanan tradisional Indonesia telah memberikan celah kepada pihak Negara asing untuk mengklaim makanan Tradisional Indonesia menjadi miliknya. Namun ditengah menurunnya popularitas makanan tradisional, Dodol Garut menjadi menjadi salah satu makanan tradisional yang digemari, Makanan tradisional khas Garut ini bukan hanya digemari oleh masyarakat sekitaran daerah garut saja tetapi telah menjadi makanan cemilan favorit dari masyarakat Indonesia pada umumnya ,bahkan turis asing pun tak kalah untuk menjadikan makanan khas garut ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke Negaranya.

Dodol Garut terdiri dari beberapa jenis  yaitu dalah dodol nanas, dodol wijen, dodol durian, dodol tomat, dodol coklat, dan berbagai macam jenis lainnya. Bahan baku dodol Garut pada umumnya terdiri dari bahan utama gula merah dan sari kelapa sehingga menghasilkan rasa manis yang khas yang menjadikan daya tarik utama bagi penikmat cemilan-cemilan berasa manis.
Penjual Dodol garut dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Garut. Sebagian besar produsen dodol garut masih menggunakan cara-cara tradisional dalam hal pembuatannya sehingga cita rasa khas dari dodol garut masih terjaga.  Produsen dodol garut yang masih menggunakan cara tradisional ini biasannya merupakan penjual lama yang mewarisi usaha turun temurun dari orang tuanya. Selain masih banyaknya produsen yang menggunakan cara lama, perkembangan baru-baru ini juga telah menunjukan semakin banyaknya Produsen baru yang dalam hal pembuatannya menggunakan cara-cara modern, biasanya Produsen baru yang menggunakan cara ini adalah hasil Investasi bisnis dari pebisnis-pebisnis besar nasional.

Selain tersebar di wilayah Kabupaten Garut, Penjual dan Produsen dodol garut juga telah sejak lama terkonsentrasi di Desa Suci Kaler. Desa suci kaler yang termasuk ke dalam kecamatan Karangpawitan merupakan desa tempat sentra industri dodol. Industri  ini telah sejak lama menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat  sekitar untuk menopang kebutuhan hidup mereka.
Harga dodol garut untuk penjualan di daerah sekitaran Kabupaten Garut dibanderol antara Rp. 12.500 – Rp. 13.000 perkilogram, Untuk daerah yang berada di luar wilayah kabupaten Garut harganya mengalami kenaikan menjadi Rp. 16.000 – Hingga Rp. 20.000 perkilogram. Hal ini dipicu karena adanya tambahan ongkos kirim dodol ke daerah lain.

Dengan harga yang masih relatif murah tersebut, maka dodol garut bisa dinikmati oleh berbagai tingkatan kalangan dari masyarakat Indonesia.

7 Artikel Untuk Anda

, Edit Post

Powered by Blogger - Template CaraSehat.Me