-->

Apa yang anda cari ?

konten dari Hukum, Kuliah, Berita, Tips, Blogger, Musik, 48 Family dan lainnya
Ternyata, Sukses diawali dengan Huruf "S"

Permasalahan Keamanan Daerah Perbatasan Indonesia



Seperti kita ketahui bersama bahwasanya daerah perbatasan adalah daerah yang rawan akan pemanfaatan oleh pihak asing, hal tersebut akan benar- benar terjadi apabila Pemerintah lemah dalam melindungi daerah perbatasan.

Keamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam hal melindungi daerah perbatasan baik perbatasan tersebut merupakan daerah yang memiliki penduduk maupun daerah perbatasan yang tidak memiliki penduduk. Sebagai gambaran bahwasanya dalam kasus pulau Sipadan dan Ligitan Pemerintah Indonesia telah lalai dalam memberikan perlindungan terhadap Pulau di daerah Perbatasan karena tanpa kita sadari Malaysia sebagai Negara di seberang batas Pulau tersebut telah berhasil membangun fasilitas pusat penangkaran Kura- kura tanpa sepengetahuan pihak Republik Indonesia, hal tersebut merupakan Pengalaman yang seharusnya bisa diambil oleh Pemerintah Indonesia, karena dengan kurangnya perhatian Pemerintah dalam aspek keamanan akan dapat berakibat dimanfaatkannya daerah perbatasan terluar Republik Indonesia oleh Pihak Asing yang dalam hal ini adalah Malaysia. 

Dengan terjadinya hal tersebut kita semua berharap bahwa hal tersebut tidak akan terulang lagi namun saat ini bukti- bukti lemahnya Pemerintah dalam hal aspek keamanan di daerah perbatasan kembali mengemuka, bukti- bukti tersebut diantaranya :  

-Masih kurangnya perbandingan jumlah personel dengan luas wilayah perbatasan yang harus dijaga, anggaran, prasarana dan sarana, serta kesejahteraan anggota TNI/POLRI.  
-Masih kurangnya fasilitas Keamanan yang berupa Pos AD/AL, Pagar Perbatasan, dan Fasilitas Lainnya.

Bukti- bukti tersebut adalah salah satu contoh bagaimana Pemerintah Republik Indonesia tidak belajar dari Pengalaman atas kejadian hilangnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari Pangkuan Tanah Air Ibu Pertiwi Republik Indonesia yang tercinta ini. Pemerintah harus segera memperbaiki dan meningkatkan perhatiannya dalam aspek keamanan di daerah perbatasan karena hal tersebut akan menyangkut harga diri dan martabat serta kedaulatan Republik Indonesia.

Sukmayudha PP

7 Artikel Untuk Anda

, , , Edit Post

Powered by Blogger - Template CaraSehat.Me