-->

Apa yang anda cari ?

konten dari Hukum, Kuliah, Berita, Tips, Blogger, Musik, 48 Family dan lainnya
Ternyata, Sukses diawali dengan Huruf "S"

Implementasi Manajemen di Kementerian Luar Negeri



Adanya hubungan Luar Negeri merupakan salah satu syarat mutlak agar suatu negara dapat dikatakan diakui sebagai Negara yang berdaulat. Hubungan tersebut dapat terdiri dari bermacam-macam sektor diantaranya Ekonomi, Politik, Keamanan – Pertahanan, Sosial Budaya, Pendidikan, Pariwisata, dll. Dalam membina hubungan antara Indonesia dengan Negara lain, Indonesia memiliki Kementerian yang bekerja untuk mewujudkan hal tersebut yaitu Kementerian Luar Negeri. 

Berdasarkan Undang – Undang Dasar 1945 maka Kementerian Luar Negeri adalah salah satu dari tiga Kementerian Utama yang ada di Indonesia selain Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pertahanan. Ketiga Kementerian tersebut dapat dikatakan sebagai Kementerian yang memiliki tugas pokok yang sangat penting bagi terselenggaranya Pemerintahan Republik Indonesia. Kementerian Dalam Negeri bertugas untuk mewujudkan kordinasi di dalam negeri agar kesejahteraan sosial dapat terwujud, sedangkan Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Luar Negeri bertugas untuk melindungi kepentingan Indonesia baik dari Ancaman Luar Negeri, maupun dalam Kepentingan Ekonomi untuk berhubungan dengan Negara Lain. Ketiga Kementerian ini saling bahu membahu melaksanakan tugas nya untuk mewujudkan Indonesia yang Adil dan Makmur.

Dalam menjalankan tugasnya, Kementerian Luar Negeri memiliki Organ-organ yang terdiri dari banyak Kedutaan Besar, maupun Konsulat Jenderal yang tersebar di banyak negara di Dunia. Saat ini Perwakilan Diplomatik Indonesia telah hampir membuka hubungan dipolomatik di hampir seluruh Negara di Dunia. Hal itu merupakan perwujudan dari Politik bebas aktif yang dianut oleh Indonesia.

Seluruh perwakilan diplomatik dari Indonesia di berbagai Negara menjalankan misi untuk membuka kerja sama dengan Negara lain di berbagai bidang yang menguntungkan baik bagi Indonesia maupun bagi Negara tujuan kerja sama tersebut. Hal tersebut telah konsisten berjalan selama puluhan tahun sejak Indonesia merdeka. 

Agar tugas Kementerian Luar Negeri dapat berjalan baik dan sebagaimana mestinya maka dibutuhkan penerapan Manajemen yang baik Pula. Dengan Manajemen seluruh komponen yang merupakan bagian dari Kementerian Luar Negeri akan memiliki Kerja yang terstruktur sesuai dengan tujuan Utama dari Kemlu untuk mewujudkan kerja sama Internasional yang memberikan keuntungan bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Informasi lebih lanjut  mengenai implementasi unsur dan prinsip manajemen di kementerian luar negeri akan  dijelaskan di artikel selanjutnya.

7 Artikel Untuk Anda

, , , , , Edit Post

Powered by Blogger - Template CaraSehat.Me